Sejarah dan Perkembangan HTML :)

Sejarah HTML atau Hypertext Markup Language telah menjadi teknologi utama untuk Web sejak awal tahun 1990-an. Tim Berners-Lee menciptakan HTML pada tahun 1989 sebagai cara sederhana namun efektif untuk mengkodekan dokumen elektronik. Bahkan, tujuan awal dari web browser adalah untuk melayani sebagai pembaca untuk dokumen berformat HTML. Dua dekade kemudian, browser itu sendiri telah menjadi sebuah portal ke dunia media online. Itu sebabnya HTML5 tidak hanya sebagai revisi HTML, tetapi juga sebagai standar yang komprehensif untuk bagaimana halaman web bekerja.🙂

Untuk lebih memahami apa yang membuat HTML5 unik, mari kita simak sejarah dari HTML itu sendiri. Pada tahun 1994, HTML masih dalam revisi pertama, Mosaic dan Netscape mendominasi pasar browser, dan kebanyakan orang belum familiar dengan istilah World Wide Web. Tahun itu, pencipta HTML Berners-Lee memimpin kelompok untuk membuat Web standar yang dikenal sebagai World Wide Web Consortium (W3C).

Meskipun W3C adalah kewenangan standarisasi yang diakui saat ini, para pemain komersial di pasar browser 1990 mengabaikan standar-standar ini dan merintis jalan mereka sendiri. Pada tahun 1995, W3C menerbitkan revisi kedua dari standar HTML, dan Web pendatang baru Microsoft menjadi platform browser Internet Explorer (IE).

Selama perang browser awal, para pengembang Web ditantang untuk menjaga situs mereka selalu kompatibel dengan setiap rilis baru dari browser utama. Meskipun W3C telah menerbitkan HTML 3.2 pada tahun 1997, diikuti dengan HTML 4 tahun 1998, mengikuti standar sepertinya kurang penting dibandingkan menjaga fitur browser yang disajikan pengembang. Hal ini berlangsung hingga tahun 2003 ketika komunitas berbasis Mozilla Foundation mematahkan tren. Setelah dibebaskan Browser Mozilla asli, yang diikuti oleh browser Firefox pada tahun 2004, Mozilla cepat mendominasi dibandingkan IE.

Sementara Mozilla Firefox terus berkembang menggunakan HTML 4 standar, Mozilla bergabung dengan Apple dan Opera pada tahun 2004 untuk membentuk kelompok yang disebut Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). Tujuan dari WHATWG adalah untuk menjaga perkembangan siklus HTML. WHATWG dan W3C mengkombinasikan spesifikasi yang ada untuk HTML dan XHTML untuk dikembangkan lebih lanjut dengan spesifikasi HTML 5 baru😉

 

rekomodasi ini Jasa Pembuatan Web by Desain Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s